Wednesday, November 18, 2015

Analisa Web Bisnis

NAMA           : LIA NURCAHYANTI
NPM               : 54412189
KELAS          : 4IA23
MATKUL      : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
DOSEN          : Dr. Rina Noviana, Skom,. MMSI

Analisa Web PT Kereta Api Indonesia


Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).



Logo dan Visi Misi

Bentuk:
Garis melengkung: Melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
Anak Panah: Melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
Warna:
Orange: Melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal.
Biru: Melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.

Visi dan Misi

Visi menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapanstakeholders

Misi menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan


Budaya Perusahaan

INTEGRITAS
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai kebijakan organisasi dan kode etik perusahaan. Memiliki pemahaman dan keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan dan etika tersebut dan bertindak secara konsisten walaupun sulit untuk melakukannya.

PROFESIONAL
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memiliki kemampuan dan penguasaan dalam bidang pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan, mampu menguasai untuk menggunakan, mengembangkan, membagikan pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan kepada orang lain.

KESELAMATAN
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memiliki sifat tanpa kompromi dan konsisten dalam menjalankan atau menciptakan sistem atau proses kerja yang mempunyai potensi resiko yang rendah terhadap terjadinya kecelakaan dan menjaga aset perusahaan dari kemungkinan terjadinya kerugian.

INOVASI
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) selalu menumbuh kembangkan gagasan baru, melakukan tindakan perbaikan yang berkelanjutan dan menciptakan lingkungan kondusif untuk berkreasi sehingga memberikan nilai tambah bagi stakeholder.

PELAYANAN PRIMA
Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) akan memberikan pelayanan yang terbaik yang sesuai dengan standar mutu yang memuaskan dan sesuai harapan atau melebihi harapan pelanggan dengan memenuhi 6 A unsur pokok: Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), dan Accountability (Tanggung jawab).

------ FASILITAS DAN PELAYANAN PADA WEBSITE ------

Website resmi PT KAI yang bisa Anda kunjungi di alamat http://www.kereta-api.co.id/ memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan informasi-informasi mengenai berbagai pelayanan PT.KAI. Saat pertama kali membuka website ini, halaman pertama yang muncul yaitu beranda. Tampilan website didesain dengan menarik menampilkan slide foto-foto pelayanan perkeretaapian dan tema dengan warna khas PT KAI yaitu orange dan hitam.

Menu-menu yang disajikan pada website PT KAI antara lain Beranda utama, Tentang kami, Layanan produk, Informasi media, Galeri foto, Reservasi tiket dan Heritage railway. Pada Halaman beranda terdapat beberapa link informasi yaitu kontak PT KAI, media sosial, rekrutmen dan KRL Commuter.

1.    Menu Tentang Kami memberikan info-info mengenai Perusahaan PT. Kereta Api Indonesia mulai dari    Profil & Manajemen, Sumber Daya, Dokumen Perusahaan hingga Penghargaan yang telah diraih PT. KAI.
2.  Menu berikutnya yaitu Layanan Produk, dimana tersedia beberapa info layanan dan produk perusahaan seperti layanan penumpang, angkutan barang  dan layanan pengusahaan aset. Ketiga layanan ini juga bisa Anda akses masing-masing di tiket.kereta-api.co.id, kargo.kereta-api.co.id dan aset.kereta-api.co.id
3.    Layanan penumpang adalah menu yang paling paling banyak digunakan masyarakat. Pada layanan ini, PT. Kereta Api Indonesia memberikan kemudahan bagi para pelanggannya dengan memberikan fasilitas reservasi/pesan/booking tiket secara online.
4.    Dengan tersedianya layanan booking tiket secara online, kini Anda tidak perlu datang atau antri di loket stasiun untuk mendapatkan tiket kereta api. Anda bisa melakukan pemesanan tiket dimana saja dengan koneksi internet aktif. Cara untuk melakukan reservasi tiket juga cukup mudah, dengan mengikuti langkah-langkah pemesanan tiket kereta api online di situs web PT. Kereta Api Indonesia ini.
5.  Menu lain yang tersedia di website resmi PT. KAI ini yaitu Informasi media yang menyajikan berbagai info mulai dari Berita perkeretaapian, Press Release, KIP dan Rekrutmen. Selain itu, bagi railfans atau penggemar sarana transportasi kereta api, situs ini juga menyediakan koleksi foto-foto perkeretaapian eksklusif di menu Galeri foto.
6.      Fitur terakhir dari website ini yaitu Heritage Railways yang merupakan bagian Unit Pusat Pelestarian, Perawatan Dan Desain Arsitektur. Di menu ini Anda bisa mendapatkan info lengkap dan menarik mengenai pengembangan yang dilakukan PT Kereta api.

Website resmi PT. Kereta Api Indonesia secara keseluruhan sangat bermanfaat bagi para pelanggan kereta api. Selain didesain dengan sangat menarik dan mudah digunakan, website ini juga menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk melayani para pelanggan secara online.

Sumber:
-          http://www.kereta-api.co.id/

0 comments:

Post a Comment