Friday, October 18, 2013

New Media, pembahasan Instagram

Pengetahuan Teknologi Internet dan New Media

Konsep dasar dari New media adalah media baru sebagai perantara antara perangkat digital dengan manusia sebagai makhluk sosial. Manusia dapat lebih interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial . New media diartikan sebagai media sosial yang dapat mepermudah seseorang untuk mendapatkan atau memberikan suatu informasi. Macam-macam bentuk New media dapat berupa Blog, Website, Jejaring Sosial, Email, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi digital.

Media baru vs. Cyberculture
   Cyberculture adalah fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan juga jaringan komunikasi. Sedangkan New Media lebih mengarah kepada benda berparadigma (smart phone, dan perangkat analog lainnya).
-          New Media sebagai Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi
-          New Media yang  berperan sebagai sarana distribusi, misalkan melakukan penjualan di situs jejaring sosial.
-          New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
-          New Media mengandalkan representasi digital dan computer berbasis pengiriman untuk melakukan berbagai kualitas umum, lali kemudian New Media dijadikan sebagai data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak lainnya.

PANDANGAN NEW MEDIA 

New Media merupakan sarana baru yang dapat meningkatkan interaksi sosial antara manusia dengan manusia lainnya dengan menggunakan alat digital seperti yang telah disebutkan diatas. Smartphone juga bisa diktakan sebagai perangkat keras new media selain computer PC. Pengguna Smart Phone dan PC dapat mengambil keuntungan lebih disbanding menggunakan Ponsel biasa yang hanya bisa melakukan komunikasi 2 arah, dengan Smart Phone dan bantuan koneksi internet kita dapat lebih luas mengetahui berbagai informasi baru yang ada diluar sana. Saya sebaggai pengguna  dan penulis Blog merasakan banyak manfaat yang di dapat dari New Media, dengan Blog kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin tahu dan masalah yang belum kita tahu. Sebuah new media mempunyai batas-batas tentang informasi. Akan tetapi new media adalah suatu revolusi di bidang komunikasi.

MANFAAT NEW MEDIA

Adanya teknologi New Media sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Beberapa kelebihan yang dapat saya angkat dari New Media diantaranya : 
-          New Media meningkatkan kecepatan berkomunikasi dengan orang lain
-          New Media membantu kita menjalankan komunikasi yang interaktif dan tidak sekedar 2 arah saja.

Berikut ini merupakan salah satu aplikasi New Media:

Instagram sama seperti jejaring sosial lainnya, namun lebih fokus kepada foto atau pengeditan foto. “Instagram adalah jejaring sosial yang dapat digunakan sebagai salah satu wadah penyaluran bagi orang – orang yang memiliki minat tentang foto.” Positifnya ialah bisa membantu bagi yang senang mengabadikan moment / peristiwa di sekelilingnya melalui foto, juga dapat menuangkan ide kreatif melalui foto atau mungkin sebagai media promosi dan informasi. Karena mengandalkan media visual tentu akan sangat bermanfaat dalam mencari suatu informasi. Namun tak dapat dipungkiri program satu ini juga bikin kecanduan. Terutama remaja.

 Instagram juga salah satu media sosial paling popular. Mulai publik figur hingga para remaja banyak menggunakannya. Kepopulerannya bahkan disebut – sebut menyaingi facebook dan twitter. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi pengeditan foto lainnya. Banyak orang menggunakan instagram karena selain mudah menggunakannya terdapat banyak efek tambahan. Efek tersebut dapat memanipulasi wajah menjadi beda dari aslinya.
Meski demikian, ada juga dampak positif yang ditimbulkan yaitu bisa merubah foto menjadi lebih bagus. Nilai plusnya adalah kita bisa share foto instagram ke facebook atau twitter dengan satu langkah mudah. Juga bisa menjalin network dengan semua teman yang ada di instagram. Dampak negatifnya, saking terlalu banyaknya menggunakan efek instagram dapat memanipulasi orang yang melihatnya.

Sebagai aplikasi di media sosial instagram banyak memiliki manfaat dan kelebihan, tapi juga ada dampaknya.

Dengan hadirnya Instagram pada ponsel Android, kami memperkirakan setidaknya akan ada empat hal yang terjadi sebagai efek sampingnya. Apa saja?
1.      Fanboy terusik
Selama ini, Instagram mutlak menjadi miliki pengguna iOS. Tak heran, banyak Apple Fanboy garis keras yang mengelu-elukan Instagram. Aplikasi photo-sharing ini jadi kebanggaan utama mereka. Saat Instagram mulai dapat dinikmati Android, tentu fanboy garis keras mulai merasa terusik. Dimulai dari ucapan CEO Instagram di SXSW beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa Instagram untuk Android akan lebih baik dari versi iOS. Hal seperti ini hendaknya tidak terjadi, mengingat bertambahnya pengguna Instagram akan menambah serunya berbagi foto. Hilangnya eksklusivitas justru akan menambah teman berbagi, kan?
2.      Lebih banyak hashtag
Sejak dulu Instagram selalu identik dengan hashtag (tagar). Aneh rasanya bila menemukan satu saja postingan di Instagram yang tidak menggunakan hashtag. Sebenarnya, apa guna dari hashtag ini? Sama seperti Twitter, hashtag pada Instagram berguna untuk mencari dan melacak kata kunci tertentu. Umumnya pemberian hashtag pada Instagram didasari pada objek foto, filter foto yang digunakan, dan komunitas. Lalu di mana letak masalahnya? Salah satu fitur Instagram adalah kemampuannya untuk memposting secara otomatis ke Twitter dan Facebook. Ini berarti, akan lebih banyak lagi orang dari lingkaran kamu yang memposting Instagram-nya ke Twitter dan Facebook. Yang berarti juga, akan lebih banyak bertebaran hashtag di linimasa kamu. Lalu bagaimana cara mengurangi penggunaan hashtag? Bagi kamu pengguna Instagram, kamu dapat menggunakan hashtag pada kolom komentar, bukan pada judul. Sehingga hashtag kamu tidak akan masuk ke Twitter. Win-win solution? :)
3.      Sarana beriklan produk lokal
Di Amerika, sudah banyak merek yang menggunakan Instagram sebagai salah satu saluran kampanye produk mereka. Hal ini wajar saja, mengingat pengguna iOS di Amerika cukup tinggi. Bagaimana dengan Indonesia? Pengguna iOS lokal kalah jauh dibanding BlackBerry dan Android. Alhasil, Instagram belum dilirik merek lokal. Namun dengan munculnya Instagram di Android, semua tentu akan berubah.
4.      Berubahnya budaya fotografi di media sosial
Poin terakhir ini, sepenuhnya harapan pribadi saya. Satu hal yang saya suka dari layanan seperti Instagram, adalah kita berlomba-lomba untuk menghasilkan foto yang bagus. Entah dari teknik kita saat mengambil gambar, atau saat mengeditnya.


Sumber:


0 comments:

Post a Comment