Friday, November 28, 2014

Penugasan Setiap Tim dalam Pembuatan Project

Dalam sebuah proses pembangunan Project pasti akan terdiri dari beberapa tim yang akan menjalankan tugas msing-masing. Tim itu terdiri dari :

-          Project Manajer
-          Sistem Analis
-          Programer
-          DBA
-          Designer
-          Engineer

1.      Projek Manager
Tanggung jawab manajer projek secara umum :
Hal utama yang harus dilakukan oleh PM adalah berhubungan langsung dengan tim proyek untuk pihak luar. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan laporan mengenai rencana dan programyang ada kepada user, manager tingkat atas dan kepada siapasaja yang memerlukan. Semua informasi yang selalu berubah, keuangan,jadwal, orang dan isu perusahaan atau semua hal yang mempengaruhi perusahaan harus dikomunikasikan dengan PM yang akan menggunakan segala informasi yang ada untuk menyelesaikan pelerjaan.
Pertanggungjawaban lain adalah mengatur rencana tim. Pm adalah pemimpinnya, yangmeberikan motivasi dan memberikan jalan keluar terhadap masalah – masalah tim yang harus dipecakan.

Tanggung jawab PM secara khusus dalam seriap fase:
Pm adalah orang yang mengatur diambil atau tidaknya suatu keputusan. Hal ini mungkin memoengaruhi wawancara dengan user dan membantu dalam pembuatan dokumentasi. Pm dibantu oleh PL (Projek Leader) yang akan memberikan bantuan teknis seperti persiapan rencana proyek, ketika semuanya sudah selesai PM yang akan menghitung sekuruh total pengeluaran, membuat jadwal dan mencari tenaga kerjanya. Setelah proposal disetujui, PM biasanya membuat Project File, file proyek ini akan menjadi pusat untuk semua halmengenai dokumen proyek, termasuk laporan keadaan, waktu pertemuan, membuat memo dll.

2.      Sistem Analis
Pengertian Analisis Sistem : suatu sistem akan dirancang oleh satu atau sekelompok orang yang membentuk tim. Orang yang merancang sistem ini disebut Sistem Analis.
Ada yang mendefinisikan Sistem Analis sebagai:Seorang yang menggunakan pengetahuan aplikasi komputer yang dimilikinya untuk memecahkan masalah – masalah bisnis, dibawah petunjuk manager sistem. Seorang yang bertanggung jawab menterjemahkan kebutuhan kebutuhan si pemakai luar (user) ke dalam spesifikasi teknik yang diperlukan oleh Programmer dan diawasi oleh Managemen.

Fungsi Analis Sistem:
o   Mengidentifikasikan masalah-masalah dari user
o   Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user
o   Memilih alternatif-alternatif metode pemecahan masalah
o   Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user

3.      Programmer
Programmer atau biasa disebut dengan Pemrogram adalah Seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian di dalam membuat dan menyempurnakan suatu program. Programmer ialah Seseorang yang mempunyai keahlian di bidang komputer. Programmer adalah seseorang yang mempunyai pekerjaan menulis dan merancang program-program menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer. Programmer merupakan seseorang atau sekelompok orang yang sudah sangat ahli di Bidang Komputer. Programmer juga bisa diartikan sebagai Seorang yang dapat membuat suatu atau sebuah program dengan sangat bagus dan teratur. Programmer membuat program di komputer untuk memajukan perkembangan teknologi dan membuat dunia teknologi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Programmer merancang suatu program dari script-script, kode-kode dan dengan Bahasa-bahasa pemrograman. Bahasa Pemrograman kini sudah ada berbagai macam. Yaitu Bahasa Pemrograman Java, Algoritma, C Plus, Visual Basic, Php, Perl, Python, Html, Cobol, Fortran Dan Bahasa Pemrograman Lainnya. Programmer menyusun perintah-perintah bahasa pemrograman yang bisa dibilang rumit dengan sangat teliti untuk dijalankan di komputer dan digunakan oleh banyak orang.

4.      Database Administrator (DBA)
Seorang database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk desain, pelaksanaan, pemeliharaan dan perbaikan database organisasi. Mereka juga dikenal dengan Database Programmer, dan terkait erat dengan Database Analyst, Database Modeler, Programmer Analyst, dan Systems Manager. Peran mencakup pengembangan dan desain database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan perluasan di masa depan. Mereka mungkin juga merencanakan, mengkoordinasi dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database.

Peran DBA meliputi:
Instalasi perangkat lunak yang baru dari perangkat lunak DBMS, aplikasi perangkat lunak, dan perangkat lunak lain yang berhubungan dengan administrasi DBMS. Penting bahwa DBA menguji software baru sebelum pindah ke sebuah lingkungan produksi. Konfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator - Dalam banyak kasus, perangkat lunak sistem hanya dapat diakses oleh administrator sistem. Dalam kasus ini, DBA bekerja sama dengan administrator sistem untuk melakukan instalasi perangkat lunak, dan untuk mengkonfigurasi hardware dan software agar berfungsi secara optimal dengan DBMS.

Keamanan administrasi - Salah satu tugas utama DBA adalah untuk memantau dan mengelola keamanan DBMS. Hal ini melibatkan penambahan dan menghapus pengguna, pemberian quota, audit, dan memeriksa masalah keamanan. Analisis data - DBA menganalisis data yang tersimpan dalam database dan membuat rekomendasi yang berkaitan dengan kinerja dan efisiensi penyimpanan data. Ini termasuk penggunaan indeks efektif, memungkinkan "Paralel Query" eksekusi, atau fitur khusus DBMS lainnya.

5.      Desainer
Desainer adalah seseorang yang merancang sesuatu. Definisi yang terluas, kemungkinan diberikan oleh seorang psikolog bernama Herbert Simon: Everyone designs who devises courses of action aimed at changing existing situations into preferred ones, artinya: "Setiap orang mendesain untuk merencanakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mengubah situasi yang ada menjadi lebih baik".

6.      Engineer
Pernahkah kita membayangkan bagaimana pesawat yang begitu besar bisa terbang di udara? bagaimana roket bisa terbang tinggi sampai menembus atsmosfir bumi menuju bulan? bagaimana gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi bisa tetap kokoh berdiri walaupun diterpa angin yang begitu kencang? atau benda-benda disekitar kita seperti komputer, televisi, handphone, mobil, dan masih banyak lagi, bagaimana semua benda-benda tersebut bisa digunakan oleh kita? Nah engineeringlah jawabannya. Engineering adalah suatu ilmu keteknikan yang dipraktekkan ke dalam kehidupan kita untuk mempermudah kita dalam melakukan sesuatu. Engineering mampu mengatasi permasalahan yang ada di sekitar kehidupan sehari-hari dari hal yang terkecil hingga besar. Dan engineering juga mempunyai kontribusi yang besar untuk kemajuan pembangunan suatu negara.

Ilmu apa saja sih yang terdapat di dalam engineering itu? Jika saudara ingin pandai di bidang engineering,maka harus bisa menguasai ilmu-ilmu yang terdapat di dalamnya. Disiplin ilmu yang termasuk ke dalam engineering adalah matematika dan ilmu pengetahuan alam seperti, fisika, kimia, dan biologi.

Apa yang dilakukan oleh engineer?
Sekarang yang menjadi pertanyaan, siapa orang-orang yang melakukan itu semua? Siapa yang membuat pesawat? Siapa yang membuat mobil, komputer, gedung, jalan, jembatan, dan segala hal yang berkaitan dengan engineering tadi? Orang-orang yang mampu membuat benda-benda tersebut diatas disebut dengan engineer, atau dalam istilah Indonesianya insinyur.

Jadi pengertian engineer/insinyur adalah seseorang yang bekerja di bidang engineering dan mampu menggunakan ilmunya untuk menghasilkan suatu benda yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang engineer/insinyur juga membantu memecahkan permasalahan dibidang teknologi yang ada.

7.      Project Charter
Project charter, yang kadang disebut Project Overview Statement (POS) alias ikhtisar proyek, merupakan dokumen bertanda tangan yang secara resmi mendefinisikan serta mengesahkan sebuah proyek. Oleh karena itu, project charter ini dibuat tentu saja setelah proposal proyeknya disetujui. Tanpa project charter, tujuan proyek akan menjadi ambigu dan kadang tidak dipahami secara benar oleh para stakeholder. Masing-masing mungkin saja memiliki sudut pandang dan ketertarikan yang berbeda. Nah, bahayanya, nanti bisa berujung pada konflik kepentingan, konflik peran, dan fatalnya proyek bisa GAGAL.

8.      Cheksist Quality
Jika aplikasi sudah selesai, maka aplikasi harus diuji coba dengan cara test. Maka yang menguji atau mengetest hasil aplikasi adalah Cheksist quality.

9.      Anover Docoment Project
Anover document project bertugas untuk membuat tutorial atau manual book dari pembuatan aplikasi tersebut.


Sumber Referensi:

0 comments:

Post a Comment